Sepatah kata dari saya

Minggu, 27 Juni 2010

Artikel 3 :
Ubuntu - Bagaimana menggunakan web server localhost yang sudah kita install.

Pada artikel yang lalu kita sudah mencoba menginstall software apache web server,mysql,php dan phpmyadmin juga mengecek apakah hasil instalasi kita sudah berjalan dengan sukses. Pada artikel ini kita akan mulai membahas apa yang selanjutnya harus kita lakukan setelah proses instalasi selesai.

Biasanya yang saya lakukan adalah mengecek apa saja modul dan fasilitas yang sudah tersedia pada apache webserver kita juga untuk mengetahui di mana letak file-file yang kita perlukan dengan membuat sebuah file PHP dan menggunakan fungsi yang sudah disediakan oleh software php.

Kita buka document root , pada ubuntu 10.04 LTS ini setelah instalasi dokumen root - direktori/folder penempatan file-file script PHP yaitu pada direktori : /var/www . Karena kita akan melakukan operasi file di daerah root, sebaiknya kita gunakan perintah gksudo nautilus untuk membuka file manager. Lihat kembali artikel 1: Linux Ubuntu sangat menjengkelkan.
$ gksudo nautilus
Setelah terlihat nautilus kemudian kita buka :

File System > var > www


Apabila baru di install pada folder ini hanya ada file index.html saja.
Klik kanan mouse di tempat folder /var/www:
Pilih Create Document > Empty File
Berinama file: infophp.php


Sampai tahap ini kita sudah membuat file kosong : infophp.php.

Membuka file infophp.php dengan editor text gedit. Kalau anda punya editor text favorit silahkan gunakan editor text favorit-nya agar seragam saya gunakan editor text gedit ( favorit saya Geany dan gedit ) .

Pilih file infophp.php dan klik kanan mouse pilih Open With > gedit


Ketiklah kode berikut ini dan simpan filenya.
<?php 
echo "<p align='center'>Hello World! Its Amazing!</p>";
phpinfo();
         ?>


Buka browser firefox/chrome/opera ketik http://localhost/infophp.php hasilnya akan terlihat seperti ini.
Gambar hasil phpinfo()

Apabila hasilnya sudah sama dengan di atas itu artinya kita bisa melangkah lagi ke artikel berikutnya. Sekedar informasi karena saya sedang mempelajari PHP Framework CodeIgniter (CI), pembahasan selanjutnya saya akan kupas mengenai framework codeigniter ini. Mulai dari instalasi CodeIgniter sampai menjadi web sederhana -company profile - dengan isi dari database.

Bagi yang belum mengetahui apa itu CodeIgniter silahkan berkunjung ke http://www.codeigniter.com/ dan cobalah download file codeigniter versi 1.7.2 untuk persiapan artikel selanjutnya.


Tunggu artikel selanjutnya : 

Tutorial CodeIgniter Bag 1 : Instalasi CodeIgniter 1.7.2 




Tidak ada komentar: