Sepatah kata dari saya

Senin, 28 Juni 2010

Artikel 4 :
Tutorial Codeigniter 1 - Instalasi CodeIgniter versi 1.7.2

Alhamdulillah, kita bisa berjumpa kembali.

Pada artikel 4 ini kita akan membahas bagaimana proses instalasi CodeIgniter 1.7.2. Sekedar informasi saja topik instalasi codeigniter ini sudah banyak orang yang membahasnya, dengan hanya mengetikkan kata kunci "tutorial codeigniter" pada mesin pencari langsung akan tampil ribuan halaman yang membahasnya, tapi tak apalah ibarat pepatah lain ladang lain belalang, lain yang garap lain juga hasilnya.

Langsung saja kita mulai, lets go!

Pada artikel 3 : Ubuntu - Bagaimana menggunakan web server localhost yang sudah kita install.  Saya telah menyarankan anda untuk mendownload file source CodeIgniter_1.7.2 di http://www.codeigniter.com/ . Jadi kita bisa mulai proses instalasi codeigniter 1.7.2 ini.

Ekstrak file codeigniter_1.7.2.zip simpan filenya pada folder document root apache web server (baca lagi artikel 2 & 3 ) yaitu pada folder  /var/www/ . 
Ingat folder /var/www/ adalah milik root jadi pada saat kita ekstrak file sebaiknya menggunakan file manager perintah gksudo nautilus dan cari ,pilih dan double klik file zip yang akan kita ekstrak atau klik kanan dan pilih Open with arcive manager . Pilih ekstrak dan tempatkan pada folder /var/www/ .

Kalau sudah yakin benar mengekstrak dan menempatkannya, coba kita jalankan browser dan ketik http://localhost/CodeIgniter_1.7.2/  lihat penulisan huruf besar dan kecilnya harus sesuai dengan nama folder yang tertera di folder /var/www/. Pada kasus lain kadang tidak peduli besar kecilnya huruf, tetapi berdasarkan pengalaman saya di server hosting di bedakan antara penulisan huruf besar-kecilnya nama file.

Apabila hasilnya seperti berikut ini, artinya kita sudah sukses install codeiginiter. 
 


*** Selesai ***






Tunggu artikel selanjutnya : 

Tutorial CodeIgniter Bag 2 : Setting Konfigurasi

Tidak ada komentar: