Sepatah kata dari saya

Sabtu, 26 Juni 2010

Artikel 2 :
Ubuntu - Instalasi Web Server Apache 2,MySQL5,PHP5 dan PHPMyAdmin

Software yang harus terinstall pada komputer saya setelah instalasi adalah software Apache web server, berikut PHP dan MySQL soalnya sebagai webmaster freelance di komputer saya sudah banyak 'script-script web' yang di bangun dari bahasa pemrograman PHP dan syarat untuk bisa menjalankannya di komputer sendiri adalah dengan menginstall software webserver dalam artikel ini saya hanya menerangkan cara instalasi Apache Web Server, MySQL, PHP5  dan PHPMyadmin. Kalau tidak terinstall bisa mubajir hasil kerja pikiranku :)
Selingan  : Sebelum saya mengenal dan mempelajari pemrograman web berbasis PHP, dahulu kala saya mengikuti bisnis online dan di web bisnis online itu menyediakan 'script Sistem Mesin Uang Otomatis' karena rasa ingin tahu saya ikuti walau dengan rasa ragu. Dan bingo... ternyata benar saya mendapatkan bonus script SMUO. Karena tidak adanya keterangan cara menggunakannya langsung saja saya coba 'script SMUO' yg terlihat hampir semua file berakhiran PHP (*.php) menggunakan browser saja tanpa webserver.... dan hasilnya luarbiasa layar komputer saya di penuhi dengan kata-kata yang tidak saya mengerti, berantakan sekali... Saya mencoba kontak dengan yg punya web, tak ada balasan... hmmmn... akhirnya belajarlah secara otodidak... melalui buku-internet-forum-dll. 
Karena saat ini saya sedang mempelajari dan memakai 'OS Linux Ubuntu 10.04 LTS' sehingga apa yang saya bagikan di sini adalah cara instalasi melalui OS Linux Ubuntu 10.04 LTS. Apabila ada pertanyaan untuk pengguna di luar Ubuntu 10.04 LTS mungkin saja tidak nyambung, kecuali OS Linux OpenSuse 11.1 mudah-mudahan bisa menjawabnya.

Untuk diketahui saja sebenarnya ada beberapa pilihan instalasi software di Ubuntu :
  1. Melalui Ubuntu Software Center ( Aplications -> Ubuntu Software Center
  2. Melalui Synaptic Package Manager ( System -> Administration -> Synaptic Package Manager )
  3. Melalui Konsole/Terminal ( Aplications -> System Tools -> Konsole )
Dan cara instalasi pada artikel ini adalah melalui konsole/terminal. Untuk informasi saja apabila anda menemukan cara instalasi di ubuntu tanpa perintah sudo tetapi ada simbol # bukan $, itu artinya perintah tersebut di lakukan sebagai root. Biasanya dengan perintah su terlebih dahulu untu masuk ke root (#) atau ada yang langsung masuk sebagai root ada triks tersendiri membuka akses root di ubuntu. Misalnya :
# apt-get install apache2
Hal ini sama saja dengan perintah :
$ sudo apt-get install apache2
NB: Di ketik tanpa tanda # ataupun $

Harap di perhatikan proses instalasi software ini memerlukan koneksi internet, karena kemungkinan ada software atau library yg harus di ambil via repository online.
Baik kita lanjutkan ke topik berikutnya :
  1. Instalasi Web Server Apache, ketikan perintah berikut ini pada terminal/konsole kemudian tekan enter dan selanjutnya tinggal menunggu sampai kembali ada prompt $ .
  2. $ sudo apt-get install apache2
  3. Instalasi Database Server MySQL, ketikan perintah berikut ini pada terminal/konsole kemudian tekan enter dan selanjutnya tinggal menunggu sampai kembali ada prompt $ .
  4. $ sudo apt-get install mysql-server
  5. Instalasi PHP untuk Apache, ketikan perintah berikut ini pada terminal/konsole kemudian tekan enter dan selanjutnya tinggal menunggu sampai kembali ada prompt $.
  6. $ sudo apt-get install php5
  7. Instalasi MySQL untuk Apache, ketikan perintah berikut ini pada terminal/konsole kemudian tekan enter dan selanjutnya tinggal menunggu sampai kembali ada prompt $.
  8. $ sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql
    $ sudo apt-get install php5-mysql  
  9. Instalasi PHPMyadmin, ketikan perintah berikut ini pada terminal/konsole kemudian tekan enter dan selanjutnya tinggal menunggu sampai kembali ada prompt $.
  10. $ sudo apt-get install phpmyadmin
 Selesai sudah proses instalasi webserver apache,php5,mysql dan phpmyadmin. Langkah selanjutnya adalah mengetest apakah proses instalasi sudah berjalan dengan sukses. Ini dia cara menceknya.

Mengecek web server Apache2. Buka browser favorit anda ( firefox, chrome, epipany, opera ) dan ketikan perintah berikut :
http://localhost/ 
Kalau terlihat seperti gambar di bawah ini , arti nya apache web server sudah bisa di gunakan.
 
Mengecek MySQL dan PHPMyadmin, ketikan perintah berikut ini :
http://localhost/phpmyadmin/
Apabila hasilnya seperti ini kemudian anda masukkan password (biasanya jika pada saat instalasi MYSQL anda tidak mengisikan password maka passwordnya di kosongkan) , itu artinya mysql dan phpmyadmin sudah bisa di gunakan :
Tampilan awal phpmyadmin


Tampilan phpmyadmin halaman berikutnya


Kalau tidak ada error saat pengecekan maka saya ucapkan " Selamat " , anda sudah bisa menggunakan web server localhost anda. Berikutnya bagaimana menggunakanny dan dimana kita meletakkan file script PHPnya.


Tunggu artikel selanjutnya : 


Ubuntu : Bagaimana menggunakan web server localhost yang sudah kita install.

Tidak ada komentar: